7 Langkah Praktis Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

7 Langkah Praktis Membuat Blog Gratis Untuk Pemula | Halo sobat blogger! Hari ini tim automabar akan sharing tentang Bagaimana cara membuat blog di blogger.com secara gratis dan praktis untuk pemula.  Karena ini tutorial untuk pemula, jadi kami hanya memberikan dasarnya saja. mulai dari awal yaitu membuat email sampai submit ke google search console (webmaster google). Langsung saja simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buat Email Terlebih Dahulu

Jika belum punya email silahkan buat email dulu, Karena untuk mendaftar ke blogger.com kita butuh akun gmail (bukan yang lain seperti yahoo ataupun hotmail). Gmail tersebut tidak hanya untuk tujuan membuat blog, tapi bisa juga untuk keperluan lain , seperti mendaftar facebook, upload video di YouTube dan lain sebagainya, jadi tidak ada ruginya kalau kita membuat email. 

Sekarang email bahkan tidak hanya dibuat untuk tujuan komunikasi saja, bahkan bisa juga digunakan sebagai alat untuk mencari penghasilan dari Internet dengan mengikuti beberapa program periklananyang memang khusus untuk di promosikan lewat email tersebut. 

Langkah 2: Masuk ke www.blogger.com

(jika tidak bisa masuk dengan cara klik link diatas, maka cukup ketik di google kata "blogger")

Setelah membuka alamat website resminya diatas maka kalian akan melihat gambar seperti di bawah  silahkan isi datanya dengan alamat email dan password emal yang telah kamu buat sebelumnya, lalu klik "Masuk"

Langkah 3: Mulai Bikin Blog baru

Setelah login selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman seperti yang tertera di bawah, silahkan klik tombol di sebelah kiri yang bertuliskan "Blog Baru"


Langkah 4: Beri Nama dan Pilih Alamat

Selanjutnya akan muncul halaman kecil yang mana terdapat 4 langkah singkat pembuatan blog di dalamnya, yaitu:

Penjelasan:

  1. Judul : Di bagian cara memebuat blog gratis di blogspot ini isi dengan judul blogmu, sebaiknya yang sesuai dengan temanya agar mudah terindeks google. Tapi ini bisa diganti kapan saja setelah blognya jadi. 
  1. Alamat : Pada kolom ini kamu harus pilih alamat blog gratisan yang belum digunakan orang lain, misalnya bloggue.blogspot.com dan sebagainya. Jika sudah dipesan orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning seperti yang terlihat pada gambar atau kalau belum ada yang menggunakan sama sekali maka akan tampak tanda benar atau centang berwarna biru. Jika sudah begitu lanjutkan ke langkah berikutnya.
  1. Template : Tampilan beberapa gambar yang terlihat ini adalah bentuk tampilan blogmu nantinya. tapi tidak perlu khawatir karena ini masih bisa kamu rubah dengan yang lebih menarik dan keren dengan cara mempercantik nya melalui file template yang didownload di situs penyedia template gatis atau peremium. kalau admin sendiri biasanya langganan di blog mas suggeng.
  1. Klik "Buat blog": Ini untuk men save nama dan tampilan yang sudah dipilih dan blog gratisan sederhana kamupun jadi dan siap diisi berbagai artikel maupun penawaran bisnis didalamnya.

Tambahan: Sebelum lanjut, luangkan waktu buat logi secara Onlin di Logaster agar di bagian header blomu menampilan brand unik yang lebih menarik. 

Langkah 5: Mengisi dan Menulis Artikel

Setelah mempunyai blog maka langkah selanjutnya adalah memposting artikel . Tapi sebelum itu kita harus tahu bagaimana menulis artikle yang benar di dalamnya dan apa saja yang diakukan agar bisa mulai aktif dan dikunjungi banyak orang. Berikut prosesnya:

Masuk ke halaman penulisan

Catatan: Silahkan kamu klik tombol warna orange (no1) yang bergamba rpensil tersebut untuk mulai posting artikel,

atau klik icon tanda panah kecil untuk memilih beberapa pengaturan, misal "Post" untuk melihat semua artikel yang sudah ditulis, "Laman" untuk menulis artikel menu seperti profil, kontak dan sebagainya, "Komentar" untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, dan "Statistik: untuk melihat jumlah pengunjungnya perhari, perminggu atau perbulan. Setelah masuk di bagian tersebut, kita juga masih bisa melihat tombol pos atau membuat artikel baru dibagian kiri samping yang tulisannya jingga.

Mulai Posting

keterangan (sesuai angka):
Untuk keterangan nomor 1 di sisi dengan judu artikel yang akan kamu publikasikan, usahkan jangan terlalu singkat dan kalau perlu sesuai dengan tema yang kamu ingin bahas agar mudah terindeks. 
Kolom untuk mengetik tulisan blog kamu.
Untuk pengaturan dan gaya artikel, seperti mem-bold, huruf miring atau memperbesar kata dan lainnya.
Label adalah sama dengan nama dari kategori artikelnya. Ini gunakanya untuk mengelompokkan jenis tulisan dalam satu kategori, misalnya "WordPress" yang isinya segala menyangkat soal tutorial wordpress tersebut. 
Tombol kuning dengan tulisan "Publikasikan" adalah yang kita klik setelah selesai menulis agar artikel tersebut dapat online dan dibaca semua orang.

Agar tulisan dalam blog terlihat rapi maka usahkan jarak antar pragraf juga diperhatikan,yakni dengan menambahkan 1 spasi lagi setelahnya. Caranya cukup mudah, tekan enter 2 kali setiap ingin memulai paragraf baru.

Tips Menulis

Menulis untuk buku dengan web sangat jauh berbeda, terlebih lagi karena artikel blog tujuannya bukan hanya dibaca oleh manusia tapi oleh mesin pencarian google yang punya standarnya masing masing untuk menentukan mana yang terbaik dan layak ditempatkan pada halaman pertama.


Langkah 6: Mempercantik Blog

Setelah kita bisa membuat blog selanjutnya harus mempercantik tampilan blog kita, kita bisa menambahkan widget, mengedit warna template, mengganti template yang lebih frendly dan responsif. Untuk lengkapnya silahkan lanjut keartikel berikut ini:


Langkah 7: Mendaftarkan Blog kita ke Google Webmaster
dengan cara mensubmit :
feeds/posts/default
rss.xml
sitemaps.xml

dan copy meta tag di bahah <head> pada edit html blog kalian. 

Tulah sacar amembuat blog dari blogger secara praktis dan gratis. Untuk menambahkan wadget atau mengedit warna lainnya bisa kalian lihat di bagian label template di blog kami.
Jika kalian memiliki saran, request tutorial ataupun komentar. silahkan sampaikan lewat kolom komentar bawah postingan kami. Terimakasih :)

0 Response to "7 Langkah Praktis Membuat Blog Gratis Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel